Pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila di Pemerintah Kota Malang

Humasmakota – Kapolres Malang Kota bersama Forpimda menghadiri dan mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018.

Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Menyadari hal tersebut, Pemerintah Kota Malang menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 yang dilaksanakan pada hari Jumat (1/6/2018) di halaman depan Balaikota Malang.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Pjs Walikota Malang, Wahid Wahyudi. Upacara tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda Kota Malang, DPRD Kota Malang, TNI / Polri serta Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Malang. Dalam sambutan Presiden RI yang dibacakan oleh Pjs Walikota Malang menyatakan bahwa saat ini telah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

Pada kesempatan tersebut, Presiden RI juga menitipkan pesan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika serta bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin.

Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus di pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, bangsa Indonesia akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif. Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan.

Peringatan hari lahir pancasila di setiap tanggal 1 juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu, dan momen aktualisasi nilai-nilai pancasila. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya. (hms/yan) memontum.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *