Peduli, Kapolresta Malang Kota dan anggota sumbangkan darah untuk stock darah di PMI Kota Malang

Polresta Malang Kota, Jumlah pendonor darah selama wabah virus corona disease melanda terus menurun. Untuk itu Kepolisian Resort Kota Malang Kota melakukan donor darah Aula Sanika Satya Wada Polresta Malang Kota, Kamis (09/04/2020).

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata pun ikut mendonorkan darahnya. Begitu juga anggota polresta Malang dan jajaran serta para ASN yang bertugas di Mapolresta Malang Kota, mereka kompak lakukan donor darah.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata menjelaskan, kegiatan donor darah adalah untuk membantu ketersediaan darah. Dalam pelaksanaannya, pihaknya bekerjasama dengan Palang Merah Indonesai (PMI) Cabang Malang, serta Urkes Polresta Malang Kota.

“Ini untuk membantu stock darah. Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

Dikuti jumlah pendaftar 103 orang, yang bisa diambil darah 73 orang. Tidak bisa diambil darah dikarenakan, yang bersangkutan habis minum obat antibiotik dalam 3 hari, HB darah tidak memenuhi syarat serta sudah donor. Pelaksanaan donor darah, setelah sebelumnya, dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

Masih merajalelanya virus Corona, ternyata menurunkan jumlah donasi atau pendonor. Penurunan donasi bahkan mencapai 20 – 30 persen. Untuk itu, dengan adanya pelaksanaan donor darah baik instansi maupuan masyarakat, sangat membantu ketersediaan stock darah.

“Saat ini sekolah dan pekerja banyak yang libur. Tentu saja mengurangi jumlah pendonor. Karena itu, donor darah dari Polresta Malang Kota ini, sangat membantu stock darah,” terang Dokter Bima Arya Tejda, dari PMI, saat di lokasi donor darah.

Ia mengaku, hingga saat ini stock darah memang tidak kekurangan. Namun untuk antisipasi, pihaknya menghimbau agar masyarakat bisa berdonor darah. Dari stock yang ada, golongan darah O paling banyak, bahkan hingga 40 persen.

“Kebutuhan masyarakat, 10 – 30 bungkus perhari. Hingga saat ini stock masih cukup. Namun kami tidak tahu kebutuhan masyarakat, karena itu tetap dimaksimalkan untuk antisipasi,” lanjutnya.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polresta Malang Kota Iptu Ni Made Seruni Marhaeni, menerangkan, kegiatan sosial ini sebagai bentuk kepedulian personel Polresta Malang Kota.

“Semoga kegiatan donor darah ini bisa membantu ketersediaan stok darah di PMI. Yang pasti semoga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,” katanya.(lil)