Polresta Malang Kota

Hari ini Kapolresta Malang Kota Resmikan Kampung Tangguh Vila Bukit Tidar

Polresta Malang Kota – Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata meresmikan sekaligus melaunching Kampung Tangguh Vila Bukit Tidar, RT 11 Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Minggu 14 Juni 2020.

Hadir juga dalam kesempatan peresmian tersebut Dandim O833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson yang diwakilkan oleh Danramil Lowokwaru Kapten Kav Sumaryono.

Peresmian ditandai dengan pemukulan beduk dan kentongan. Acara dilanjutkan degan penyerahan bantuan kemanusiaan oleh Kapolresta Malang Kota dan penyerahan APD oleh Satgas Covid UB serta buku tentang Covid-19 oleh Satgas Covid Vila Bukit Tidar.

Di kesempatan itu Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Dr Leonardus Simarmata menyampaikan, permohonan maaf Dandim, yang tidak bisa hadir dalam kesempatan kali ini dikarenakan sakit.

Dia menyampaikan bahwa TNI dan Polri akan selalu bersama-sama untuk mendukung serta mengawal gerakan masyarakat dalam membentuk kampung tangguh. Salah satunya adalah peresmian kampung tangguh Vila Bukit Tidar ini dan pasar online yaitu dengan tema “Mari Kita Belanja Diwarungnya Tetangga” ini.

Dia berharap, ketangguhan keamanan melalui giat patroli yang dilakukan oleh warga tetap dijaga. Juga dalam hal ketangguhan informasi, agar bijak dalam penggunaan media sosial, karena banyaknya informasi yang tidak benar beredar.

“Pada tangguh kesehatan, diharapkan tidak hanya latihan pemulasaran jenazah, ke depannya kami akan sarankan ke Pemkot bahwasanya perlu penyiapan  alat rapid test, sehingga apabila ada keluhan gejala covid dapat dilakukan rapid test, sehingga cukup melalui kampung tangguh ini dengan berkoordinasi dengan puskesmas,” ujar Kapolres.

Sementara Ketua Satgas Covid-19 Vila Bukit Tidar H. Muafik Sholeh mengatakan tujuan dibentuknya kampung tangguh tersebut sebagai posko untuk menangani pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Kami juga juga telah membentuk Satgas Covid sejak awal kasus ini merebak. Sampai saat ini satgas telah mampu menyelesaikan beberapa hal diantaranya terkait kesehatan keamanan dan pengaman jaring sosial,” ujarnya.

Kampung Tangguh Vila Bukit Tidar ini menurutnya bisa dikatakan sebagai kampung super tangguh. “Tidak hanya 7 unsur kampung tangguh, kami sudah menerapkan 8 ketangguhan dengan bertambah satu ketangguhan yaitu tangguh ekonomi,” imbuhnya.

Tangguh secara ekonomi ini berbentuk gerakan belanja antartetangga secara online, apabila ini bisa disuarakan nasional akan menjadi solusi menyejahterakan warga.

Saat ini sudah ada 125 para pedagang yang saling memenuhi kebutuhan warga. Dia berharap hal ini bisa menjadi solusi kampung super tangguh untuk angkat perekonomian warga dan sebagai kunci ekonomi warga bersama-sama dalam menyambut new normal khususnya di wilayah Kampung Tangguh Vila Bukit Tidar yang baru diresmian Kapolresta Malang Kota ini. (TIMES INDONESIA)