Forpimda Kota Malang Canangkan Inpres No. 6 tahun 2020

Polresta Malang Kota bersama jajaran Forkopimda Kota Malang melakukan pencanangan pelaksanaan inpres nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, di halaman depan balaikota Malang, Senin (24/8).

“Sebagaimana dalam sambutan saya. Jadi jangan dikesankan kita ini nanti menyusahkan masyarakat. Saya mengharap kesadaran tumbuh dari warga sendiri,” ujar Walikota Malang Sutiaji.

Sutiaji juga mengungkapkan, bahwa hukuman itu sudah pilihan yang terakhir. Jadi kita memang harus disiplin.

“Karena terlebih kemarin waktu liburan panjang, itu di mana-mana terjadi lonjakan luar biasa, yang ternyata tidak pakai masker. Kemudian berjubel di beberapa tempat. Akhirnya dikhawatirkan setelah ini ada lonjakan penambahan korban Covid-19,” terangnya.

Walikota Malang itu juga menyebutkan, bahwa sudah ada perwali nomor 26 tahun 2020, dan akan disosialisasikan melalui gerakan secara masif, oleh semua jajaran, baik Pemkot, TNI dan juga Polri.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, mengatakan pihaknya akan membentuk tim untuk mensosialisasikan inpres nomor 6 tahun 2020 dan perwali nomor 26, dengan menyiapkan sebanyak dua ratus personil.

“Instruksi Presiden (Inpres) nomor 6 tahun 2020 tentang, pendisiplinanan masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Agar masyarakat disiplin memakai masker,” terangnya.

Kapolresta juga menyebutkan, penerapan inpres nomor 6 tahun 2020. Akan berlangsung selama satu bulan, mulai dari tanggal 24 agustus sampai 24 September 2020. Selain melakukan pendisiplinan, pihaknya juga akan melakukan pembagian masker bersama Pemkot dan Kodim.

“Kita mengutamakan sekali penggunaan masker. Jangan lagi ada yang tidak menggunakan masker. Itu yang utama, akan kita lakukan dalam satu bulan ini,” pungkasnya.