AKBP Asfuri, SIK, MH. Pimpin pelaksanaan Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2018 Kota Malang

Polresmakota – Menjelang Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Polres Malang Kota menggelar Apel Pasukan Operasi Lilin Semeru 2018 di Alun-alun Kota Malang, Jumat (21/12/2018).

AKBP Asfuri menyampaikan amanat dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang intinya tetap waspada dan siap menjalankan tugas di libur nataru mendatang. Dengan tetap bersiaga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Operasi tahun ini melibatkan sekitar 500 personel gabungan yang tersebar di tiga titik besar pengamanan. Yakni di Gereja Ijen, Gereja Kayutangan, dan Gereja depan masjid Sabilillah. Masing-masing titik tersebut juga sudah dibangun pos pemantauan (pospam).

“Untuk pengamanan Operasi Lilin melibatkan 300 personel kemudian ditambah dari instansi lain, baik dari TNI, Pemkot, dan elemen masyarakat yang tergabung itu sekitar total 500 personel,” ujar Asfuri saat ditemui awak media.

Operasi lilin ini berlangsung mulai tanggal 21 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019. Selain pengamanan nataru, penjagaan lalu lintas di tiga titik pun ditingkatkan.

“Untuk kemacetan tentunya di perbatasan kota dan kabupaten, di Karanglo itu pasti terjadi kemacetan, kemudian di PDAM lama, kemudian di wilayah Soehat, tepatnya di jembatan depan UB. Pada saat tahun baru, di Alun-alun maupun di Jalan Ijen ini kemungkinan terjadi titik kepadatan lalu lintas,” jelasnya.

Terkait dampak pembukaan tol baru Pandaan-Malang, Polres Malang Kota masih melakukan rekayasa lalu lintas.

“Kita kerja sama dengan Polres Malang Kota dan Polres Batu; Malang Raya, di mana tentunya kalau nanti akan ada kemacetan kita akan melakukan rekayasa lalu lintas termasuk koordinasi dengan Dishub. Apakah nanti akan digunakan satu jalur atau bagaimana itu nanti akan dilihat di lapangan,” terang AKBP Asfuri lebih lanjut.

Berbagai antisipasi dikerahkan Polres Malang Kota agar pelaksanaan nataru berlangsung tertib dan aman. Termasuk juga antisipasi aksi sweeping oleh pihak-pihak lain.

Asfuri berpesan kepada masyarakat Kota Malang; Malang Raya khususnya masyarakat umum yang menuju Kota Malang untuk mematuhi lalu lintas selama berkendara. Pengecekan kendaraan pun penting dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan akibat kelalaian berkendara dan jika capek segera beristirahat di pos-pos pengamanan atau pos polisi.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji berharap agar masyarakat saling bahu-membahu dan menghargai saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan Natal dan merayakan tahun baru. (malangtoday.net)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *